Ketimun Ternyata Makanan Super, Ini 10 Bukti Khasiatnya

Timun atau ketimun adalah sayuran dan lalapan populer yang memiliki banyak manfaat. Fakta menunjukkan, timun adalah sayuran keempat yang paling banyak ditanam di seluruh dunia.  Para ahli nutrisi menyebut timun sebagai salah satu superfood karena manfaatnya yang sangat beragam bagi kesehatan.

Berikut ini adalah 10 alasan kenapa harus mengonsumsi ketimun

promooktober

1. Mengembalikan cairan tubuh
Bila merasa belum minum cukup air, sebaiknya segera makan ketimun. Timun terdiri atas 90 persen air  sehingga dapat segera mengembalikan cairan dalam tubuh.

2. Melawan panas dari luar dan dalam tubuh
Makan ketimun mencegah rasa panas dari dalam tubuh (heartburn). Saat panas terik sebaiknya segera balurkan ketimun pada kulit, untuk menjaga kelembabannya.

3. Kurangi racun dalam tubuh
Air dalam ketimun berfungsi seperti sapu, yang membersihkan limbah dari dalam tubuh. Makan timun secara teratur diketahui akan melarutkan batu ginjal.

4. Cukupi kebutuhan vitamin sehari-hari
Ketimun mengandung 3 vitamin pokok yang selalu dibutuhkan sehari-hari. Vitamin A, B, C tersebut akan memperkuat sistem imun yang melindungi tubuh sehari-hari. Untuk memperoleh hasil maksimal, ketimun bisa dijus bersama bayam dan wortel. Sebaiknya ketimun tidak dikupas karena dibagian itulah terkandung 12 persen vitamin C, yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Memberi cukup mineral untuk kulit.
Ketimun memiliki kandungan potassium, magnesium, dan silikon yang tinggi. Hal inilah yang menjadikan ketimun sebagai bahan dasar tindakan spa.

6. Bantu pencernaan dan pengurangan berat badan
Dengan kandungan air yang tinggi dan kalori yang rendah, ketimun adalah pangan ideal untuk menurunkan berat badan. Mengunyah ketimun baik untuk olahraga rahang dan seratnya baik untuk pencernaan. Konsumsi ketimun dalam hidangan sehari-hari baik untuk mengobati konstipasi kronis.

7. Perbaiki tampilan mata
Potongan ketimun yang ditempatkan pada kelopak mata yang bengkak, bisa memperbaiki penampilan. Ketimun akan mengurangi bengkak dan kantong mata yang timbul, sehingga membuat wajah tampak lebih segar.

8. Melawan kanker
Ketimun diketahui mengandung secoisolariciresinol, lariciresinol dan pinoresinol. Ketiganya berhubungan erat dengan pengurangan risiko beberapa tipe kanker seperti kandung telur, payudara, prostat, dan saluran air kecil (uterine).

9. Kurangi efek diabetes, kolesterol, dan mengontrol tekanan darah

Jus ketimun mengandung hormon yang dibutuhkan sel pankreas untuk memproduksi insulin. Hal ini berhubungan erat dengan kontrol gula darah pada pasien diabetes. Ketimun juga mengandung sterol, yang mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu dalam timun terdapat banyak serat, potassium, dan magnesium. Ketiganya baik untuk mengontrol tekanan darah, baik tekanan darah tinggi maupun rendah.

10. Segarkan bau mulut
Jus ketimun mengobati dan menyegarkan bau nafas akibat sakit gusi. Untuk memperoleh manfaat ini letakkan  sepotong ketimun dalam rongga mulut. Selanjutnya ketimun ditekan menggunakan lidah pada atap mulut. Kandungan fotokemikal ketimun akan membunuh bakteri yang mengakibatkan nafas tak sedap.

 

Foto Ilustrasi : “Kurkkuja” by Photo taken by Muu-karhuOwn work. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

 

Anda punya hobi menulis dan ingin karya tulis Anda dimuat di MapiOnline.com? Kirimkan karya tulis Anda ke email [email protected]  Jadilah pejuang dakwah dan penebar amal saleh  melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif serta edukatif. Info lengkapnya di sini  

(Visited 20 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment