Inilah yang Terjadi Pada Hari Kebangkitan ( Tafsir Surat At-Thariq 9-10)

hari akhir, kiamat

Jika dalam ayat sebelumnya, Allah  memaparkan proses kejadian manusia  dan mengingatkan bahwa manusia  akan dibangkitkan kembali setelah mati, maka dalam Q.S. Ath-Thariq 86: ayat 9 dan 10,  Allah swt. menjelaskan apa yang akan terjadi pada hari kebangkitan .  Berikut penjelasannya :

يَوْمَ تُبْلَى السَّرَائِرُ

9. Pada hari ditampakkan segala rahasia

promooktober

Pada hari kebangkitan, Allah akan membongkar seluruh perbuatan manusia baik yang positif ataupun negatif, amaliah-amaliah saleh ataupun maksiat, semuanya akan ditampakkan dengan seadil-adilnya. Manusia tidak akan dizalimi sedikit pun. Saat itu,  ada wajah-wajah yang tunduk terhina karena seluruh amal busuknya terbongkar, tak ada sedikit pun yang terlewat, semuanya dibeberkan secara detail dengan perhitungan yang seadil-adilnya. ”Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang di dalamnya, dan mereka berkata. ‘Aduh kami celaka, catatan macam apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak yang besar, melainkan ia mencatat semuanya.’ Dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada catatannya. Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang pun”. (Q.S. Al Kahfi 18: 49)

”Pada hari ini, Kami tutup mulut mereka dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” (Q.S. Yaasin 35: 65). Oleh sebab itu, pada hari kebangkitan, manusia tidak punya kekuatan apa pun, semuanya milik Allah swt.
فَمَا لَهُ مِن قُوَّةٍ وَلَا نَاصِرٍ

10. Maka sekali-kali tidak ada bagi manusia itu suatu kekuatan pun dan tidak seorang penolong.

Di sinilah kita wajib berbekal diri agar bisa menghadapi hari kebangkitan dan penghisaban dengan sukses. Sekecil apa pun kita berbuat buruk pasti akan ada balasannya dan sekecil apa pun kita berbuat baik pasti ada imbalannya. Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana. “Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika amalan itu hanya seberat biji sawi pun pasti Kami mendatangkan pahalanya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.” (Q.S. Al Anbiyaa’ 21: 47). Wallahu A’lam

Bersambung  ke ayat berikutnya

 

tafsir kontemporer

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment