Bolehkah Ceramah di Diskotek?

diskotek, ceramah

Ustad, bagaimana hukumnya berceramah agama Islam di diskotek? Mohon penjelasan disertai dalil-dalilnya.

 
 
 
Ceramah agama merupakan salah satu bentuk dakwah. Dakwah artinya mengajak manusia untuk berada dalam jalan Allah swt. dan menjauhi apa yang dimurkai-Nya. Dakwah bukan hanya kewajiban para ustadz, ulama, dan kiai namun merupakan kewajiban setiap individu muslim.

promooktober1

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan kepada manusia, untuk menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah…” (Q.S. Ali Imran 3:110)

Ayat ini menegaskan bahwa amar ma’ruf dan nahyi ’anil mungkar (menyuruh pada kebaikan dan mencegah kemunkaran) merupakan kewajiban setiap individu muslim agar menjadi umat terbaik.

Islam memerintahkan agar kita berdakwah dengan berbasiskan pada ilmu, menggunakan bahasa yang santun dan memahami kebutuhan mad’u (orang-orang yang akan menjadi objek dakwah). ”Serulah kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah (ilmu)  dan nasihat yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S. An-Nahl 16: 125)

[AdSense-A]

Di mana kita harus berdakwah, apakah harus selalu di masjid? Bagaimana kalau berceramah di diskotek, kafe, dll.? Sejatinya, tidak ada satu hadis atau ayat pun yang memberikan batasan tempat berdakwah. Kapan dan di mana pun berada, kita diwajibkan  amar ma’ruf dan nahyi ’anil mungkar (menyuruh pada kebaikan dan mencegah kemunkaran).

Abu Said al Khudri r.a. berkata, Saya telah mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Siapa di antara kamu melihat kemungkaran, dia wajib dengan kekuasaannya. Apabila tidak mampu, ubahlah dengan lisan (opini)-nya. Apabila tidak mampu, ubahlah dengan hatinya dan ini adalah selemah-lemah iman.”  (H.R. Muslim).

Bertolak dari keterangan-ketarangan di atas, bisa disimpulkan bahwa tidak dilarang berceramah atau berdakwah di tempat-tempat yang berkonotasi tempat maksiat, misalnya di diskotek, tempat lakolisasi PSK, tempat perjudian, dll., asalkan kita tidak terlibat dengan kemaksiatan. Wallahu a’lam.

[AdSense-A]

 

(Visited 16 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment