Ini Manfaat Jika Kita Khusuk dalam Shalat

shalat

Dari banyak ibadah kita kepada Allah Swt, ada satu ibadah yang merupakan kunci dari seluruh ibadah dan amal yang lain dimana jika kita berhasil melakukannya maka akan terbuka ibadah atau amal yang lain. Kunci dari segala ibadah adalah shalat.

Banyak dari kita menganggap bahwa shalat adalah suatu perintah bukan suatu kebutuhan. Jadi shalat sering dianggap suatu beban dan hanya bersifat menggugurkan kewajiban. Betapa sering kita rasanya malas untuk shaolat, shalat sambil memikirkan pekerjaan, shalat secepat kilat tanpa tumakninah, mengakhirkan waktu shalat atau bahkan lupa berapa rakaat yang telah dilakukan.

promooktober1

Padahal kunci amal ibadah kita adalah shalat. Jadi, kita bisa memasang strategi dalam hidup dengan memperbaiki shalat kita terlebih dahulu sehingga amalan yang lain akan mengikuti. Dan hal ini butuh suatu kesungguhan untuk mencapainya. Tahap awal untuk mencapai kekhusukan shalat adalah mengetahui kegunaan bagi diri kita apabila kita dapat melakukan shalat dengan khusuk.

Berikut adalah 7 alasan mengapa kita perlu khusuk dalam shalat:

  1. Shalat adalah Doa

Secara harfiah shalat adalah doa. Jika kita perhatikan bacaan-bacaan dalam shalat seluruhnya adalah doa-doa kepada Allah swt dan doa adalah sesuatu yang diperintahkan Allah. Dalam ajaran Islam doa menempati posisis sentral. Doa dinobatkan nabi sebagai senjata kaum beriman. Maka kita sebagai muslim diwajibakan untuk selalu berdoa kepada Allah swt, agar dimudahkan dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

  1. Menjadi solusi permasalahan hidup kita.

Bila kita melaksanakan shalat dengan khusuk akan menghadirkan perasaan dekat dengan Allah swt dan kita akan selalu terjaga dari perbuatan-perbuatan tercela yang dilarang oleh agama.

  1. Dapat melembutkan hati.

Terkadang hati kita menjadi keras karena kesibukan dalam bekerja atau menghadapi masalah kehidupan. Dengan shalat yang khusuk, hati menjadi lebih lunak karena kita seringnya berserah diri dan merendah dihadapan Allah Swt.

  1. Dapat melatih kesabaran.

Jika kita melaksanakan shalat dengan tumakninah, tenang  tidak dilakukan dengan tergesa-gesa. Hal ini akan memupuk rasa kesabaran kita.

  1. Menyembuhkan penyakit.

Shalat menjadi terapi ruhaniah untuk kesembuhan setiap orang yanga melakukan shalat. Menurut Prof. M. Sholeh dari Universitas Airlangga Surabaya telah meneliti bahwa shalat malam bisa meningkatkan imunitas tubuh kita. halat bisa mencegah naik turunnya hormon kortisol yang berperan sebagai indikator stres. Sedangkan stres merupakan salah satu faktor utama pemicu penyakit, termasuk kanker. Yang sederhana saja, bila kita sedang pening atau sakit gigi maka shalatlah dengan khusuk maka rasa sakit tersebut akan hilang. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ada pendapat bahwa shalat juga merupakan sarana terbaik untuk bermeditasi.

  1. Sarana untuk meminta ampunan.

Kesejukan dalam shalat akan membawa hati untuk bersyukur dan mohon ampun kepada Allah swt., Tidak terasa air mata akan mengalir ketika kita melaksanakan shalat dengan khusuk.

  1. Menjadi dekat dengan Allah

Bila kita dapat melaksanakan shalat dengan baik, kita akan merasa sedih ketika shalat akan selesai. Tertanam rasa ingin berlama-lama dengan Yang Maha Pengasih. Ketika tasyahud akhir rasanya tidak ingin menyelesaikan shalat. Wallahu’alam  [ ]

*Penulis: Ali Bhakti

(Visited 18 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment