Bangun Ekonomi Syariah,MES Jabar Selenggarakan Seminar

 

Sudah sepantasnya ekonomi syariah tumbuh dan berkembang di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim.Demikian juga dengan masyarakat  Jawa Barat sebagai provinsi terpadat peduduknnya dimana lebih dari 40 juta jiwa yang juga mayoritas beragama Islam seharusnya menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi syariah khususnya di Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Wilayah Jabar,Zaenal Aripin saat memberikan sambutannya dalam seminar yang bertema “Sistem Ekonomi Islam Dalam Mengatasi Perlambatan Ekonomi Indonesia “ di Aula Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jabar Jl.Braga Kota Bandung, Kamis (5/11/2015). Lebih lanjut Zaenal mengungkapkan  bahwa salah satu tujuan diadakan seminar ini adalah salah satu bentuk sosialisasi untuk membangun dan membangkitkan semangat kembali serta menumbuhkan kesadaran masyarakat muslim dalam memajukan ekonomi Indonesia yang berbasis syariah.

promooktober1

“Kita mengakui perekonomian Indonesia saat ini belum sesuai harapan bahkan sempat diambang krisis lagi. Disisi lain Indonesia yang mayoritas berpenduduk muslim ini seharusnya bisa menjadikan sistem ekonomi Islam sebagai solusi untuk membangun dan mengembangkan ekonomi yang lebih baik,”imbuhnya.

Salah satu cara,sambungnya ,untuk membangun ekonomi tersebut adalah dengan membangun kesadaran masyarakat muslim akan pentingnya ekonomi Islam.Untuk itulah MES Jabar menggelar seminar tersebut sebagai salah satu bagian dalam mensosialisasikan ekonomi syriah khususnya di wilayah Jabar. Diharapkan dengan intennya sosialisasi dalam berbagai bentuk kegiatan, Jabar bisa menjadi provinsi termaju sekaligus pelopor kebangkitan ekonomi syariah di Indonesia.

Seminar sendiri dibuka oleh Yuslam Fauzi selaku Ketua I: Bidang Keuangan dan Pilantrofi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pusat yang menggantikan Muliawan D.Hadad (Ketua Umum PP MES) yang berhalangan hadir. Sementara seminar dan diskusi panel sendiri menghadirkan pembicara yang kompeten dibidangnya seperti: Adiwarman A Karim dari  Karim Bussiness Consultan Indonesia ,Azka Subhan A. selaku Kepala Divisi Advisory Ekonomi & Keuangan Daerah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Irwan Abdalloh dari INDONESIA STOCK EXCHANGE serta Agung Suryamal Sutisno selaku Ketua Umum Kadin Jabar.

Seminar ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai profesi dan praktisi ekonomi syariah,mahasiswa,dosen, dan pelaku usaha. Diakhir acara panitia membagikan doorprize kepada para peserta yang terpilih. Beberapa peserta yang ditemui mapionline mengaku acara seminar tersebut sangat bermanfaat dan dapat membuka cakrawala serta paradigma tentang ekonomi syariah khususnya dalam dunia usaha serta dunia perbankan syariah. []

 

Rep. dan foto : Iman

Editor: A.Candra

 

 

Promo Kalender

(Visited 12 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

One Thought to “Bangun Ekonomi Syariah,MES Jabar Selenggarakan Seminar”

  1. bhery

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi syariah . Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai ekonomi syariah yang bisa anda kunjungi di http://ps-ekosyariah.gunadarma.ac.id

Leave a Comment