Warga Bandung Ngaji Bareng Qari’ Youssef Edghouch

Keinginan warga kota Bandung untuk berjumpa langsung dengan qari’ dan penghafal quran asal Amerika Serikat Youssef Edghouch akhirnya terwujud.  Bertempat di Balai Sartika Convention Hall Bikasoga Buah Batu Bandung, Selasa malam (27/10/2015), ribuan warga Bandung begitu antusias mengikuti kajian dan mendengarkan suara emas dari pria kelahiran Maroko tersebut.

Youssef, yang dikenal di dunia maya dengan kemerduan lantunan tilawahnya, seakan menghipnotis hampir 500 jamaah yang memadati Balai Sartika sejak menjelang shalat magrib. Dikemas dalam sebuah  acara bertajuk Tour Dakwah Indonesia 2015, qori Youssef hadir didamping oleh Ustadz Yusuf Mansur dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

promo oktober

Dipandu ustadz Yusuf Mansur, Youssef berinteraksi dengan para hadirin dalam bahasa Inggris. Ia tampak santai dan sesekali bercanda dengan Ustad Yusuf.

Pria yang masih lajang itu kemudian didaulat untuk membaca surat Al Mulk yang kemudian diikuti oleh para jamaah. Lantunan tilawah Youssef yang indah membuat suasana Balai sartika begitu khidmat dan khusyuk. Bahkan sebelum acara dimulai, suara merdu Youssef juga terdengar kala ia memimpin shalat Magrib dan Isya berjamaah di lokasi acara.

Dalam biografi singkatnya di internet, Youssef disebut sudah hafidz Al Quran di usia yang sangat muda kala tinggal di Maroko dan lulus dari sebuah Sekolah Tinggi Al Quran terkemuka di sana. Ia mampu melantunkan Al Quran dengan qiraah Imam Warsh an Nafi’ dan Imam Hafs ‘an ‘Aasim.  Ia juga telah meraih banyak penghargaan dari kompetisi tilawah Qur’an.

Pada 2003, Youssef hijrah ke Amerika Serikat dan memimpin shalat tarawih di Hawaii  pada usia 16. Ia sekarang tinggal di Negeri Paman Sam tepatnya di North Carolina. Dia mengajar pada sekolah hafalan Quran. Beliau pindah ke texas dengan saudaranya dan terlibat dalam komunitasnya sebelum akhirnya pindah ke Islamic Institute of Orange County tahun 2005, dimana dia tinggal. Qari Yousseff adalah Asisten Imam dan Direktur Sekolah Alquran di IIOC di California dan mengajar hafalan, lafal dan tajwid.

Berikut adalah cuplikan video acara Tour Dakwah Indonesia 2015 bersama qori Youssef  yang diunggah di channel YouTube Mapionline  :

Foto : Asep

 

(Visited 16 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment