Setiap Manusia Ada Penjaganya, Siapa Dia? (Tafsir Surat Ath-Thariq Ayat 4)

Ummat Islam memadati Masjid Istiqlal

Dalam ayat sebelumnya, diterangkan bahwa Allah telah menjadikan langit dan malam hari.  Manusia  diperintahkan untuk menafakuri atau merenunginya.  Allah Swt juga  menciptakan bintang-bintang yang jumlahnya sangat menakjubkan. Ini merupakan kebesaran dan kekuasaan Allah  yang patut kita tafakuri.

Sesudah Allah swt. memerintahkan kita untuk merenungi bintang-bintang yang menakjubkan, pada ayat berikutnya atau ayat keempat, Allah swt. mengingatkan bahwa setiap diri manusia itu ada penjaga yang mengawasinya.

promooktober1

إِن كُلُّ نَفْسٍ لَّمَّا عَلَيْهَا حَافِظٌ

Tidak ada suatu jiwa pun melainkan ada penjaganya.

Siapa yang dimaksud ”penjaga” pada ayat ini? Allah swt. menjelaskannya dalam ayat lain, ”Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah..” (Q.S. Ar-Ra’du 13: 11)

Karena setiap jiwa ada penjaga dan pengawasnya maka kita harus selalu mawas diri, sebab tak ada sedikitpun ucapan dan perbuatan yang lepas dari pengawasan dan penjagaan malaikat. Semuanya tercatat dengan sempurna.

Hai manusia, apa yang telah memperdayakan kamu terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikanmu seimbang, dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu. Kamu (manusia) bukan hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan hari pembalasan. Padahal sesungguhnya bagi kamu ada  yang mengawasi, (malaikat) yang mulia dan mencatat, mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al Infithar 82: 6-12)

(bersambung..)

(Visited 4 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment