9 Tips Memelihara Kesehatan Mata

Orang bilang, mata adalah jendela hati. Melalui mata, kita dapat melihat dan merasakan yang disimpan oleh seseorang dalam hatinya. Kalau mulut dapat berbohong, maka tidak demikian halnya dengan mata. Dengan caranya sendiri, mata dapat mengatakan semua kejujuran yang tidak terungkapkan secara verbal.

Sebagai salah satu indera yang sangat penting, mata perlu dijaga. Tentu saja, sebelum semuanya terlambat alangakah lebih baik apabila kita memilihara kesehatan mata. Beberapa langkah yang dapat diambil untuk menghindari kerusakan mata adalah sebagai berikut.

1.    Mengkonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung vitamin A. Vitamin A banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau, tomat, wortel, telur, hati, dan susu.

2.    Bawa Balita ke Posyandu dan Puskesmas terdekat untuk mendapatkan imunisasi dan kapsul vitamin A secara teratur. Biasanya pemberian vitamin A secara nasional serentak diadakan pada bulan Februari dan Agustus.

3.    Hindari penggunaan rias mata saat mata sedang sakit.

4.    Hindari asap dan biasakan mengedipkan mata untuk mencegah mata terlalu tegang.

5.    Secara berkala, cucilah mata dengan air.

6.    Jangan menggosok mata bila terdapat benda asing yang masuk. Hal ini akan memperburuk iritasi yang mungkin terjadi.

7.    Bagi yang bekerja menghadapi komputer atau suka membaca dalam intensitas yang cukup tinggi, maka:

•    Ruang kerja atau ruang baca hendaknya mendapat penerangan yang cukup. Tidak terlalu terang juga tidak terlalu suram.
•    Jaga jarak. Jangan terlalu dekat dengan layar monitor. Untuk melindungi mata, usahakan untuk menggunakan pelindung monitor.
•    Sering-seringlah berkedip. Mata yang jarang berkedip akan mengakibatkan kelembaban mata berkurang. Mata menjadi kering dan mudah teriritasi.
•    Istirahatkan mata tiap beberapa jam sekali saat bekerja. Caranya tutuplah kedua mata. Letakkan telapak tangan di atas mata dan tekan perlahan-lahan dengan lembut selama beberapa waktu, kemudian arahkan pandangan ke suatu benda di luar ruangan dengan jarak tertentu.

BACA JUGA  Ketimun Ternyata Makanan Super, Ini 10 Bukti Khasiatnya

8.    Bawalah obat tetes mata ke mana pun pergi untuk berjaga-jaga apabila diperlukan.

9.    Kunjungi dokter mata secara ruitn untuk mendeteksi gangguan mata secara dini.  Jangan abaikan gangguan pada mata karena hal itu dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan mata. Konsultasikah hal itu dengan dokter.

Begitulah. Untuk mensyukuri nikmat penglihatan, kita tidak harus menunggu sampai nikmat tersebut dicabut dari diri kita, bukan?

Penulis :  Muslik

(Visited 16 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment