Selain Jeruk, Ini Dia Sumber Vitamin C yang Baik

Pada tulisan sebelumnya, telah dibahas mengenai peranan vitamin C pada kehidupan, perlakuan tubuh pada vitamin C, serta kebutuhan vitamin C pada berbagai kelompok usia.  Dalam tulisan ini, akan kita bahas mengenai sumber vitamin C yang baik :

Bahan makanan sumber vitamin C :

promooktober

Bahan makanan — Ukuran  — Kandungan
Jeruk  —-   1 buah sedang  —    >60mg
Cabe paprika  —-  1 buah  —   >60mg
Kiwi      —-            1 buah     —        >60mg
Brokoli       —-         ½ mangkuk (matang)     —     58 mg
Mangga     —-               1 buah sedang    —    56 mg
Tauge       —-          ½ mangkuk (matang)    —      50 mg
Melon     —-    1 potong       —   48 mg
Stoberi    —-             ½ mangkuk (segar)   —      45 mg
Kacang polong   —-      ½ mangkuk (kering)  —   45 mg
Tomat      —-         1 gelas sedang     —     38 mg
Bayam      —-          1 mangkuk segar    —    18 mg

Berapa bahan makanan sumber vitamin C yang baik dan murah, mudah didapat di Indonesia. Dengan meminimalkan efek pengolahan, kadar vitamin dalam buah dan sayuran dapat dipertahankan. Banyak hal praktis yang dapat kita lakukan untuk memenuhi kecukupan vitamin C, misalnya segelas jus jeruk saat sarapan, satu porsi salad/gado-gado saat makan siang, dan satu porsi brokoli dengan kentang saat makan malam. Sembilan puluh persen kebutuhan vitamin C diperoleh dari tumbuhan dan sisanya dari hewan, sehingga kita tidak perlu lagi mengonsumsi vitamin C dalam bentuk pil.

Dalam industri makanan, vitamin C sintetis sering ditambahkan misalnya pada kentang yang dikeringkan, buah kaleng, pembuatan selai/jeli dan ditambahkankan pada adonan kue.

Defisiensi vitamin C  
Gejala awal defisiensi biasanya tidak spesifik, keluhan yang banyak dijumpai di klinik yaitu rasa lelah dan lemah, rasa sakit pada tulang, persendian dan otot, serta hilangnya selera makan. Pada tahap lebih lanjut, kulit menjadi kering, lebih kasar, dan tampak bintik kemerahan karena perdarahan di bawah kulit. Perdarahan gusi biasanya diikuti dengan komplikasi infeksi. Penyembuhan luka lebih lambat bila ada luka Anemia biasanya terjadi setelah 2 bulan mengalami defisiensi dan gejala skorbut setelah 3 bulan defisiensi.

Keuntungan pemberian vitamin C dosis tinggi
Beberapa penelitian menunjukkan adanya keuntungan pemberian vitamin C dosis tinggi pada kasus tertentu, dalam hal ini vitamin C lebih berperan sebagai obat, bukan sebagai makanan.

Vitamin C dan flu
Saat ini ditemukan bahwa suplemen vitamin C akan memperpendek masa sakit dan meringankan gejala/keluhan. Fungsi vitamin C sebagai antioksidan berperan pada kasus ini.

Vitamin C dan penyakit keganasan
Aktivitas vitamin C dalam proses detoksifikasi zat yang bersifat karsinogenik/menyebabkan kanker dan sebagai antioksidan berperan pada pencegahan penyakit kanker. Perlu diketahui, dalam kasus ini, tidak hanya vitamin C saja yang bekerja, antioksidan serta banyak faktor lain turut berperan pada pencegahan terbentuknya suatu sel kanker.

Vitamin C dan penyakit jantung
Pada penyakit jantung, diasumsikan bahwa vitamin C berperan pada integritas pembuluh darah sebagai antioksidan, tetapi hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Dosis konsumsi
Dosis toksis yang pernah dilaporkan ialah bila seseorang mengonsumsi antara 100-10.000 mg/hari. Efek jangka pendek megadosis yaitu mual dan diare. Karena perannya dalam peningkatan penyerapan zat besi, dalam beberapa kasus dilaporkan terdapat kandungan zat besi berlebih dalam tubuh seseorang dengan konsumsi vitamin C dosis tinggi.

Setelah menyimak uraian di atas, kiranya kita akan tahu apakah memang memerlukan suplemen vitamin C. Stamina tubuh yang baik dan asupan bahan makanan sumber vitamin C yang bervariasi dengan mempertimbangkan efek pengolahan, sebenarnya sudah memenuhi kebutuhan tubuh. Konsumsi vitamin C untuk tujuan tertentu atau pada kasus tertentu sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

Penulis : dr Nur Fatimah, MS

Ilustrasi Foto : “Broccoli in a dish 2” by Quadell – Self-published work by Quadell. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

(Visited 2 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment