Jordan, Negara yang Sarat akan Jejak Para Nabi

goaashabulkahfi

“Sungguh telah Kami utus Rasul-rasul sebelum kamu, di antaranya ada yang Kami kisahkan kepadamu dan sebagian ada yang tidak Kami kisahkan padamu.” (Q.S. Al Mukmin 40: 78)

Jordan merupakan negara kecil berpenduduk 5 juta jiwa, kira-kira separuh penduduk Jakarta. Letaknya terjepit di antara Israel, Palestina, Saudi Arabia, Irak, dan Syria. Jordan hampir tidak memiliki sumber daya alam. Tanahnya tandus, hanya 5% dari 100.000 km2 wilayahnya yang bisa ditanami. Tetapi Raja Hussein almarhum dengan cerdik memanfaatkan posisi geo-politik negerinya yang strategis, sehingga membuat Jordan terkenal di dunia, dan rakyatnya hidup berkecukupan.

iklan donasi pustaka2

Jordan memang layak dikunjungi. Selain raja-raja Jordan yang merupakan keturunan Bani Hasyim (keluarga Nabi Muhammad saw.), di sana pun bertaburan jejak sejarah nabi-nabi. Tercatat sedikitnya 14 orang Nabi pernah berada di Jordan.

Nabi Muhammad saw. selalu melewati Jordan dalam perjalanan dagangnya ke Syria. Ada pohon sangat tua yang dipercaya sebagai tempat berteduh beliau di halaman biara pendeta Bahira di al-Buqayawiyyah dekat perbatasan Saudi.

[AdSense-A}

Ada gua Ashabul Kahfi di pinggir ibu kota Amman. Ada maqam Nabi Musa di bukit Nebo, 20 km di selatan Amman. Di lembahnya ada duabelas mata air mukjizat Nabi Musa. Bila dilanjutkan, 12 km ke arah selatan lewat kota Madaba, ada kota kecil al-Mukawwir, tempat petilasan Nabi Yahya. Dalam perjalanan bisa singgah di Sirfa, desa kecil yang menyimpan peninggalan Nabi Sulaiman. Pada km ke 118 ada kota Karak, tempat benteng Romawi raksasa, di kota itu terdapat pula masjid Nabi Nuh dan Nabi Khidir. Dari sana ke arah barat menyusuri Laut Mati, akan bertemu peninggalan Nabi Luth di as-Shafi, yakni di kawasan yang dahulunya bernama kota Sadum. Kira-kira 100 km lagi ke selatan, di Petra, ada peninggalan kaum Nabatea yang memahat gedung di batu gunung. Di sana ada makam Nabi Harun di Jabal Harun.

Sekarang mari berbalik arah. 20 km ke arah barat laut Amman ada kota as-Salt di mana terdapat masjid Nabi Ayyub. Di dekat kota itu ada lembah bernama Wadi Syu’aib tempat Nabi Syu’aib dimakamkan. 5 km dari situ ada makam Nabi Yussa’ bin Nun di dekat Taman Nasional Zay. Kira-kira sejam perjalanan ke utara Amman ada kota Jerash, tempat arsitektur Romawi kuno yang megah masih berdiri.

Sekira 10 km sebelumnya ada desa yang bernama Hud, tempat masjid makam Nabi Hud. Jalan 30 km lagi ke utara menuju kota Irbid, kita bisa berbelok melihat petilasan Nabi Daud di Mazar-i Syamali. Sedangkan jejak sejarah Nabi Isa bisa kita temui di sungai Jordan, perbatasan dengan Israel, 57 km sebelah barat Amman.

Walhasil, Jordan memang sarat dengan jejak para Nabi. Apabila wilayahnya diperluas sampai ke tepi Barat sungai Jordan yang kini diduduki Israel, maka jumlah populasi Nabi akan bertambah lagi. Di sana ada sejarah Nabi Isa di Betlehem, Nazareth, dan bukit Zaitun Jerusalem. Ada makam Nabi Musa di dekat Jericho. Ada masjid tempat makam keluarga Nabi Ibrahim di Hebron. Ada jejak Nabi Yunus di Tel Aviv Jaffa. Ada makam Nabi Daud dan Sulaiman di bukit Zion Jerusalem.

Menurut kitab Qishashul Anbiya’ Nabi Adam dimakamkan di antara Hebron dan Jerusalem. Nabi Muhammad saw. sendiri pernah shalat di Masjidil Aqsa waktu Isra’ di puncak bukit Moriah, Jerusalem. Maka sambil merenung timbul pertanyaan, "Kenapa di atas bumi yang luas ini nabi-nabi hanya berkumpul di sekitar Jordan saja?”

Jawabannya ada pada surat Al Mukmin (40) ayat 78 di atas. Ternyata tidak semua Nabi disebutkan dalam Al Quran. Allah Maha Adil. Dia telah mengirim utusan kepada semua umat manusia tersebar merata di segala penjuru bumi, walaupun nama nabi itu tidak tercantum dalam Al Quran dan hadis. Maka tidak mustahil dahulu ada Nabi di Mesir, Yunani, Cina, India, Jepang, Skandinavia, Amerika Latin, dan Indonesia. Siapa tahu ada peninggalan Nabi di kawasan fosil manusia purba di Sangiran Solo, di Mojokerto, atau di daerah batu megalith Nias. Silakan diteliti oleh para arkeolog dan antropolog muslim. Wallahu a’lam.

Penulis : Ir.H.Bambang Pranggono MBA

[AdSense-A}

(Visited 55 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment