10 Cara Ampuh Hadapi Gangguan Setan

dzikir

10 Cara Ampuh Hadapi Gangguan Setan

Sesuai sumpahnya, setan senantiasa berusaha mengganggu dan menggoda manusia sampai kapan pun. Gangguan maupun godaan setan tersebut ada yang disadari maupun tersamar. Godaan setan yang tersembunyi dan tidak sadari misalnya sifat sombong, riya, berbangga diri dan sebagainya. Sementara gangguan setan yang terlihat seperti fenomena kesurupan yang dialami seseorang atau bahkan beberapa orang (kesurupan massal) yang diekspresikan dengan mengamuk,mengomel dan merancu hingga tak sadarkan diri.

promooktober1

Menurut pandangan ahli jiwa, beberapa golongan orang yang memiliki potensi kesurupan atau gangguan setan yang ditunjukan dengan ekspresi histeris, yaitu: orang yang tertekan jiwanya, mereka yang pemalas dan kurang kreatif, tidak punya semangat hidup, pencemas, dan gampang putus asa, serta suka melamun (panjang angan). Untuk menghindari terjadinya gangguan setan ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan :

  1. Membaca Isti’adzah. Al Isti’adzah artinya membaca A’udzubillahi minasyaithanirajim, yaitu bacaan yang bertujuan untuk berlindung kepada Allah dari godaan setan. Di antara waktu-waktu yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. untuk membaca isti’adzah, antara lain ketika masuk WC, akan berhubungan intim, ketika marah, membaca Al Quran.
  2. Berwudlu sebelum tidur. Wudhu bukan hanya dilakukan saat akan shalat, tetapi bisa dilakukan kapan saja. Bahkan Rasulullah saw. selalu dalam keadaan suci dari hadas alias selalu mempunyai wudlu. Apalagi, kalau kita mau tidur, sebaiknya berwudlu terlebih dahulu.
  3. Sempatkan salat witir. Shalat witir adalah salat yang dilakukan antara ba’da Isya hingga menjelang subuh dengan jumlah rakaat yang ganjil, misalnya satu, tiga, lima, bahkan tujuh rakaat
  4. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An-Nas. Aisyah r.a. menjelaskan bahwa apabila hendak tidur, Rasulullah saw. menghimpun kedua telapak tangannya lalu membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An-Nas, lalu meniupkan pada telapak tangannya, kemudian mengusapkan kedua telapak tangannya pada seluruh tubuhnya. (H.R. Bukhari)
  5. Membaca salah satu surat Al Quran. Apabila badan kita telah berbaring di tempat tidur, sebaiknya kita membiasakan diri membaca salah satu Surat Al Quran; bisa membacanya langsung sambil melihat Al Quran ataupun dari apa yang kita hafal. Silakan baca surat apa saja.
  6. Membaca Ayat Kursi. Ayat Kursi adalah ayat yang tertera dalam Surat Al Baqarah ayat 255. Dinamakan ayat kursi karena berbicara tentang keesaan, keagungan, dan kebesaran Allah swt. yang tiada tara. Baca ayat kursi dengan pemahaman dan penuh penghayatan, kita akan terjaga dari gangguan jin dan setan.
  7. Membaca Surat Al Baqarah ayat 285-286. Rasulullah saw. bersabda,

    HALAMAN SELANJUTNYA…>>

    (Visited 67 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

3 Thoughts to “10 Cara Ampuh Hadapi Gangguan Setan”

  1. Ratna

    No 5 dan no 8 isinya sama, mungkin bisa diperbaiki

    1. adminmapi

      terima kasih atas koreksinya..

  2. tien_atini

    Pa Aam mau tanya…setelah wudlu di kamar mandi apakah doa wudlu langsung at harus keluar dl dr kamar mandi?

Leave a Comment