Hukum Membaca Taawudz Sebelum Shalat

shalat

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kalau kita mau melaksanakan shalat (maksudnya sebelum takbir), kita harus membaca terlebih dulu a’udzubillah agar terlindung dari godaan setan. Benarkah demikian?  Bagaimana sebenarnya hukum membaca taawudz sebelum shalat?

Ustadz Aam Amiruddin berpendapat,  bahwa membaca kalimat taawudz sebelum shalat bukan merupakan contoh dari Rasulullah swa.  Ustadz Aam  merujuk pada hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah Saw. bersabda, “Apabila kamu akan shalat, sempurnakanlah wudlumu kemudian menghadap ke kiblat dan langsung takbir.” ( H.R. Muslim)

promooktober1

Keterangan ini menegaskan bahwa jika kita akan shalat, sempurnakan wudlu, hadapkan diri ke arah kiblat, lalu bertakbir. Nabi Saw. tidak menganjurkan bacaan apa pun sebelum takbir. Ini menggambarkan bahwa kita tidak perlu membaca ta’awwudz terlebih dahulu.

Kalau Rasulullah Saw. tidak mencontohkannya, maka kita jangan melaksanakannya, karena kita diperintahkan untuk shalat sesuai contoh Rasululullah Saw. “Shalatlah kamu sebagaimana aku shalat.” ( H.R. Ahmad dan Muslim)

Menurut hadis ini, shalat yang benar adalah seperti shalat yang dicontohkan Rasulullah Saw., bukan yang sesuai selera kita, walaupun yang kita lakukan itu niatnya bagus, seperti baca a’udzubillah. Namun karena Rasulullah Saw. tidak mencontohkan, kita pun tidak perlu melaksanakannya.

Kita diperintahkan membaca ta’awwudz (a’udzubillah) ketika akan membaca Al-Qur’an dan pada rakaat pertama ketika mau membaca surat Al Fatihah (setelah doa iftitah), sementara pada rakaat berikutnya tidak perlu dibaca, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an, “Apabila kamu hendak membaca Al-Qur’an, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” ( Q.S. An-Naĥl [16]: 98)

Kesimpulannya, kita diperintahkan shalat mengikuti contoh Rasulullah Saw. Ketika akan shalat beliau langsung takbir tanpa membaca a’udzubillah dan bacaan-bacaan lainnya. Kita pun harus melakukan seperti apa yang dilakukan Nabi Saw. Wallahu A’lam.

[AdSense-A]

(Visited 62 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

3 Thoughts to “Hukum Membaca Taawudz Sebelum Shalat”

  1. rudi

    Assalamu’alaykum Pak Aam

    Mohon maaf sebelumnya. Jika yang jadi alasannya adalah hadis mengenai perintah sholat sesuai apa yang dilakukan Rasulullah saw, maka saya cenderung setuju dengan hal itu. Namun ketika alasannya yang dipakai adalah surat An-nahl : 98 kenapa membaca ta’awwudz hanya sebelum membaca alfatiha saja? Bukankah takbiratul ihram dan doa istiftah itu juga bagian dari ayat2 alquran?

    Mohon penjelasannya.

    Wassalam

  2. Awan rustandi

    Naha ini mah tahun 2015 ning sanes 2017 anu ngoment teh

  3. Ridwan

    Apakah nabi Muhammad saw juga membaca audzubillaah setelah iftitah sebelum al-fatuhah?

Leave a Comment