Ingin Berkurban Tapi Uang Tidak Cukup,Bolehkah Buat Sedekah Saja ?

Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang mulia yang sangat dicintai oleh Allah Swt sebagai bukti cinta dan taatnya seorang hamba kepada Rabb-Nya. Namun karena jenis ibadah  ini berkenaan dengan materi yakni harus menyembelih sapi atau domba maka permasalahan dana terkadang menjadi ganjalan tersendiri. Mengingat setiap tahun harga hewan kurban selalu naik sementara dana atau tabungan belum mencukpi untuk membelinya. Meski sudah disiasati dengan cara menabung,namun saat hari H masih saja belum cukup,padahal niat berkurban sudah bulat dan mantap. Lalu haruskah ditunda tahun depan agar cukup atau bolehkah uang kurban digantikan dengan bersedekah saja?.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah. “Barangsiapa berlebihan (dalam harta) tetapi tidak menyembelih hewan kurban, janganlah dia mendekati masjidku.

Dari redaksi hadis di atas, jelas bahwa orang yang memiliki harta dan tidak mau berkurbanlah yang tidak diperbolehkan mendekati masjid. Bagi orang-orang yang memiliki harta namun tidak mencukupi untuk membeli seekor kambing kurban, tentu saja niat baik orang tersebut sudah dinilai pahala di hadapan Allah Swt.

Nah, berkenaan dengan uang untuk kurban tahun ini yang belum mencukupi,maka sebaiknya diteruskan menabung agar tahun depan dapat membeli hewan kurban. Kita tidak perlu bersedih atau kawatir karena belum bisa berkurban tahun ini ,Insya Allah, niat mulia tersebut sudah dicatat oleh Allah Swt sebagai amal saleh. Semoga tahun depan dananya cukup untuk berkurban.

Mengenai apakah kurban dapat diganti dengan sedekah, hal ini adalah dua jenis ibadah yang berbeda dan sifatnya tidak dapat menggantikan satu sama lain. Tata cara serta waktu berkurban sudah ditentukan, misalnya harus dengan menyembelih domba, kambing, sapi, ataupun unta. Ini tidak dapat diganti dengan jenis barang lain atau hewan lain. Sedangkan sedekah, jumlah serta waktu pelaksanaannya tidak dibakukan. Terserah kemampuan dan kesempatan masing-masing.

promo oktober

Jadi, kalau kita ingin bersedekah, sebaiknya bersedekah saja. Namun harus diingat,bahwa sedekah yang kita lakukan itu tidak menggugurkan atau menggantikan ibadah kurban yang telah diniatkan namun belum tertunaikan. (Disarikan dari materi ceramah ustadz Aam Amiruddin)

nuwakaf008

 

 

(Visited 123 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment