Mau Hidup Bahagia? Islam Berikan 7 Kunci Raih Surga Dunia

rumah tangga

Meraih kebahagiaan adalah tujuan yang ingin dicapai setiap manusia. Kebahagiaan yang hakiki tentunya adalah meraih surga, baik surga dunia maupun akhirat.  Sebagian besar dari kita pasti setuju bahwa surga dunia adalah apa pun yang ada di dunia ini yang bisa membuat kita sejuk, tenang, tentram, senang, bahagia.

Namun menurut Menurut Ustadz Aam Amiruddin, kunci surga dunia itu sebenarnya dimulai dari dalam qolbu bukan dari yang bersifat fisik atau materi. Ustadz Aam memaparkan setidaknya ada tujuh kunci dalam meraih kebahagiaan dunia. Apa saja rahasia meraih kebahagiaan hidup di dunia tersebut ?

iklan donasi pustaka2

1.  Miliki jiwa syukur dan sabar

Dengan bersyukur dan sabar kita akan lebih bahagia.  Biasakanlah ketika kita mendapat nikmat sekecil apapun selalu bersyukur.  Jangan pernah lupa diri.  Sebaliknya bila kita sedang diuji dengan kesulitan, biasakan untuk selalu bersabar dan berserah diri kepada Allah Swt. Kita juga diajarkan untuk tidak pernah berputus asa, seperti yang dijelaskan dalam Al Quran : “…Sungguh akan kami uji (iman) kalian dengan kesusahan dan (dengan) kesenangan. Dan hanya kepada Kamilah kalian akan dikembalikan…” (Q.S. al-Anbiya’ [21]: 35)

2. Pasangan hidup yang sholeh

Usahakan kita mencari dan memiliki pasangan yang sholeh, karena ia akan memberikan rasa tenang.  Dia akan menjadi mitra yang baik dalam mengarungi kehidupan, berjuang bersama dalam susah dan senang.

3. Anak-anak yang sholeh

Apapun yang kita dapatkan di dunia ini menjadi kurang berarti bila kita tidak memiliki keturunan yang sholeh. Mencetak anak-anak dan keturunan yang sholeh menjadi kebahagiaan yang tidak ternilai bagi setiap orang tua.

4. Harta yang halal

Halal menjadi kunci bagi keberkahan dalam hidup. Rumah tangga yang ditopang dan dinafkahi dari rezeki yang halal dapat memberikan kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup.

5. Teman dan sahabat yang sholeh

Sahabat yang sholeh akan memberikan dukungan dalam bentuk materil dan moril saat kita dalam kondisi sulit. Mereka biasanya hadir untuk menghibur kita dan memberikan ketenangan.

6. Semangat menuntut  ilmu agama

Keinginan yang kuat dalam menuntut ilmu agama akan menuntun kita pada ketenangan. Ilmu akan memperkuat keyakinan dan membuka jalan mengenal Allah Swt

7. Umur yang berkah

Bertambahnya usia seyogyanya membuat manusia semakin matang. Semakin tua, seorang muslim seharusnya makin sholeh dan terus meningkatkan kualitas ketaqwaannya kepada Allah. Manusia seharusnya menyadari bila “jatah” usia atau sisa waktu hidupnya semakin berkurang. Mereka yang sadar hal ini akan mengisi hidupnya dengan kebaikan dan membuat hidupnya menjadi lebih berharga.

Setiap manusia yang ingin meraih surga dunia diharuskan berjuang keras mewujudkan tujuh kunci tersebut menjadi bagian dalam hidupnya.  Semoga dengan meraih tujuh kunci tersebut, kita akan dimasukkan ke dalam surga akhirat yang abadi.  Amiin ya Robbal A’lamiin…

 

 

(Visited 38 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment