Sulit Dapat Jodoh karena Disumpahi Orang?

wanita

Pak Ustadz Aam, beberapa tahun yang lalu saya pernah disumpahi. Katanya karena saya sombong, sampai nenek-nenek tidak akan mendapat jodoh. Apa mungkin sumpah itu benar-benar terjadi pada saya mengingat sampai saat ini saya belum bertemu jodoh. Mohon penjelasannya.


Sesungguhnya Anda harus yakin bahwa jodoh ada di tangan kuasa Allah Swt. Anda jangan terpengaruh dengan sumpah serapah orang kepada Anda. Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa jodoh, umur, rejeki, bahagia, dan sengsara ditetapkan oleh Allah alias takdir. Kita tidak akan pernah tahu apa rezeki kita, siapa jodoh kita, serta kapan kematian kita? Nah karena kita tidak tahu, maka kita harus berikhtiar. Jadi, kuasa kita hanyalah berikhtiar atau berusaha.

Selama kita senantiasa berikhtiar mencari jodoh, insya Allah akan dipertemukan. Selama kita mau berikhtiar mencari rezeki, insya Allah akan dikaruniakan. Selama kita berikhtiar untuk menjaga kesehatan dan berhati-hati, insya Allah kita akan selamat. Mengenai panjang pendeknya umur, siapakah yang akan menjadi jodoh, serta berapa banyak rezeki yang akan didapat itu semua berada dalam wilayah kekuasaan Allah.

Bertolak dari cara berpikir keimanan seperti ini, maka kita tidak perlu takut dengan persoalan sumpah serapah yang diberikan orang lain kepada kita. Kalau sampai sekarang Anda belum mendapatkan jodoh, maka ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama karena ikhtiarnya kurang dan kemungkinan kedua memang Allah tengah menguji Anda agar menjadi orang yang lebih bertakwa.

Perlu Anda ketahui bahwa ada orang yang gampang mendapatkan jodoh dam sampai menikah, tetapi gampang pula cerainya. Ada pula orang yang susah mendapatkan jodoh, tetapi mereka mampu mempertahankan rumah tangganya sampai akhir hayat. Itulah hidup. Hidup itu tidak seperti yang kita inginkan, tetapi hidup itu seperti yang kita jalani. Wallahu a’lam.

donasi perpustakaan masjid

***

 

(Visited 617 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment