11 Manfaat Bila Kita Rajin Beristighfar

berdoa

SETIAP  manusia tidak ada yang sempurna.  Ia terkadang lupa dan melakukan kesalahan . Manusia juga terkadang lalai dan berbuat dosa atau maksiat karena senantiasa digoda oleh syaitan. Rasulullah saw bersabda (yang artinya): Setiap anak cucu Adam pasti pernah berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah ialah orang yang banyak bertaubat.(HR. At-Tirmidzi, hasan)

Selain itu, tabiat dari hati setiap manusia memang mudah untuk berbolak balik.  Manakala manusia melakukan maksiat atau dosa sebenarnya dia telah menzhalimi dirinya sendiri dan dalam keadaan yang bodoh. Oleh karena itu, setiap dari manusia disarankan memohon ampunan kepada Allah, sesering mungkin dan bahkan hampir sempanjang waktu.

Ada banyak keutamaan dari kebiasaan memohon ampunan kepada Allah Swt, yang biasanya dilakukan dengan cara beristighfar. Berikut ini adalah 11 manfaat kita sering memohon ampun kepada Allah Swt :

 1. Pengampunan dan penghapus dosa-dosa

Tidak sedikit ayat yang berkaitan mengenai memohon ampunan kepada Allah, seperti yang dicontohkan oleh para Nabi  dan Rasul. Allah memerintahkan kepada mereka untuk senantiasa memohon ampun kepada-Nya. Dan ketika kita coba renungi sebenarnya kita sangat butuh beristighfar kepada Allah subhanahu wata’ala.

kalender percikan iman 2018

“Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.
Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, segera mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosanya selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal.”
(QS. Ali Imran : 133 – 136)

Ayat ini menyatakan kepada kita untuk bersegera. yang dimaksud bersegera disini ialah perintah untuk bergegas dalam melakukan kebaikan dan bersegera untuk beristighfar. Dan jangan berputus asa, Allah telah menjamin bahwa ampunan-Nya seluas langit dan bumi dan ini untuk orang yang senantiasa bertaqwa. Manakala berbuat atau melakukan hal keji maka ia langsung ingat Allah dan kemudian memohon ampun kepada-Nya.
2. Lapangkan rezeki seorang hamba

Berbicara tentang rezeki, rezeki bukan hanya yang berupa harta atau finansial. Namun, rizki maknanya luas tidak sesempit itu, termasuk juga kesehatan dan waktu luang dsb.  Rezeki dimaknai sebagai sesuatu terbaik yang diberikan kepada hamba.

Perkataan Nuh a.s. kepada kaumnya ;

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu – sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun – niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan(pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai”. (QS. Nuh :10-12)

 3. Hindarkan hamba dari siksa Allah dan musibahnya

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (QS Al Anfal: 33)

Dari Kisah Nuh a.s. Kita bisa mengambil Ibrah mengenai banjir bandang dan itu disebabkan karena dosa atau maksiat umatnya.

 4. Mendatangkan rahmat Allah

Perkataan Nabi Shaleh a.s. kepada kaumnya (kaum tsamud) :  Dia berkata: “Hai kaumku mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan? Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat”. (QS. An-Naml : 46)

Beristighar kepada Allah kemudian menyertakan dengan amal, dan amal merupakan sebab mendatangkan rahmat Allah.

 

5. Menambah kekuatan bagi pribadi dan kaum muslimin

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 189 times, 3 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment