Seminar Adiksi Gadget Pada Anak dan Remaja

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan foto acara Seminar Nasional “GADGET : Gangguan Dalam Genggaman Teknologi, Adiksi Gadget Pada Anak dan Remaja dilihat dari Sudut Pandang Psikologi,  Neuroscience dan Agama “ di Aula Unisba,Sabtu (8/8/2015) yang menghadirkan narasumber: Dr. Ihsana Sabriani Borualogo., M.Si, ( Psikolog) , Dr.Tauhid Nur Azhar,S.Ked,M.Kes (Neuroscience), Ustadz Budi Prayitno( Pegiat Dakwah)

 

“Gadget sebagai bagian dari perkembangan teknologi  tak dapat dipungkiri, akan berdampak pada otak manusia, bahkan akan menjadi “life style” dan mengubah perilaku manusia.Inilah jalur-jalur sirkuit neuronal fungsional yang terjadi pada saat ada stimulus pada system indra . Respon dan aksi yang akan dilakukan ditentukan oleh pertimbangan di area otak terkait. Maka memori yang berpadu dgn sistem pengendalian emosi pada gilirannya akan “mengetuk” sistem pengambilan keputusan di Prefrontal cortex yang juga mendapat “desakan” dari sirkuit neuronal dan neurotransmiter di reward and pleasure center. Jika adiksi menghadirkan sensasi  yang “diinginkan” maka tentu berhubungan reward anticipation dan pleasure center. Keputusan seseorang untuk melakukan dan menyukai  sesuatu amat bergantung pada algoritma neuronal  Hidup itu memang pilihan.Terlepas dari akan terjadi adiksi atau tidak, yang jelas hidup adalah pilihan. Dan memilih adalah ujian.. seperti terdapat Al-Qur’an Surat Al Ankabuut (29) ayat 2-3…” (Dr.Tauhid Nur Azhar,S.Ked,M.Kes)

Jika anak sampai kecanduan atau adiksi gadget maka kembali ke “alam”, lakukan aktivitas motorik, berkomunikasi face to face, ngobrol hati ke hati, bangun kembali attachment yang hilang dan berikan PELUKAN kepada anak-anak” (Dr. Ihsana Sabriani Borualogo., M.Si, Psikolog)

BACA JUGA  Keluarga Besar Percikan Iman Gelar Silaturahmi

Melawan adiksi gadget : Ketaatan melaksanakan ibadah : shalat 5 waktu, shalat-shalat sunnat (rawatib, dhuha, tahajud, dzukrul wudhu, tahiyyatul masjid), dzikir pagi dan petang, tadarus, menghadiri majelis ta’lim, menghafal al qur’an…akan membuat manusia sibuk..dan gadget pasti tak akan menyibukannya lagi… (Ustadz Budi Prayitno)

 

Foto: mapionline

 

wakaf1 quran

 

(Visited 16 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment