Kiat Nyaman Berbusana Saat Berlebaran

0
115

Idul Fitri identik dengan pakaian baru. Ketika kalap melihat model dan diskon besar yang ada di depan mata, kebanyakan wanita malah lupa dengan hal terpenting dari pakaian, yakni kenyamanan. Apalagi, kegiatan silaturahmi yang memerlukan mobilitas tinggi menuntut pelakunya untuk terus bergerak sepanjang hari sehingga memilih busana yang nyaman merupakan pilihan terbaik.

Nyaman tidak hanya enak di badan, juga enak di hati. Perasaan salah kostum atau tidak menyukai pakaian yang dikenakan bisa menjadi “gangguan” yang membuat lebaran Anda kurang bisa ternikmati. Apalagi, saat harus berhadapan dengan banyak orang, tampilan “prima” (baca: cantik) dan percaya diri merupakan hal yang utama, terutama bagi kaum wanita. Agar tetap nyaman, percaya diri, serta tentu saja, tampil cantik saat berlebaran, Anda bisa ikuti tips berikut.

iklan

1. Bahan yang menyerap keringat
Pergi ke lapangan untuk shalat Ied, berkeliling mengunjungi tetangga, serta bersilaturahmi dengan keluarga merupakan hal-hal yang biasa dilakukan saat Lebaran. Hal ini membuat Anda terus bergerak dan, tentu saja, membuat Anda berkeringat. Anda tentu tidak mau berlebaran dengan keadaan penuh peluh. Sehingga, penting bagi Anda untuk mengenakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat.

Pilihlah pakaian berbahan katun atau sifon. Keduanya mampu menyerap keringat dengan baik, membuat Anda bebas bergerak, dan terasa “adem” di kulit. Hindari pakaian berbahan organdi dan shantung karena akan menimbulkan bau saat berkeringat.

Anda tetap bisa menggunakan pakaian berbahan yang sulit menyerap keringat, seperti satin atau sutra, untuk menghadiri acara silaturahmi keluarga atau rekan kerja pada malam hari atau dalam ruangan ber-AC. Satin akan memberi kesan glamour, lembut, dan berkilau, sedangkan sutra membuat pakaian terlihat indah.

2. Pakaian yang tidak mudah kusut
Berkunjung ke banyak tempat, apalagi harus naik-turun kendaraan, terkadang membuat pakaian jadi terlihat tidak beraturan alias kusut karena banyak gesekan atau terimpit saat duduk. Anda bisa menyiasati hal ini dengan memilih pakaian yang tidak terlalu tipis karena akan mudah kusut. Perhatikan juga saat Anda duduk atau aktivitas lain yang bisa membuat pakaian kusut sehingga Anda bisa tetap terlihat rapi sejak keluar sampai kembali lagi ke rumah. Pilih bahan yang lentur, berat, tetapi tidak jatuh, seperti viscose, sutra, dan katun yang akan membuat Anda terlihat apik sambil tetap merasa nyaman.

3. Jenis pakaian yang tepat
Untuk momen Idul Fitri, tentu saja pakaian yang dikenakan harus sopan, menutup aurat, dan tidak tembus pandang. Hal ini bukan berarti hanya terbatas pada busana muslim atau gamis. Pakaian longgar, seperti kaftan etnik dan maxi dress berlengan, juga bisa jadi pilihan. Anda bisa memadukannya dengan pashmina, kerudung, atau jilbab sehingga penampilan Anda terlihat lebih cantik. Pemilihan jenis atau model pakaian yang sesuai dengan momen (lebaran) akan membuat Anda tidak canggung atau risi saat berkumpul bersama orang lain dan tercegah dari perasaan bersalah akibat salah kostum.

Bila Lebaran Anda dipenuhi dengan beragam kunjungan sehingga harus banyak bergerak, pilihlah model pakaian yang terdiri atas atasan dan bawahan sehingga memudahkan Anda untuk bergerak. Namun, bila Anda menjadi tuan rumah yang menyambut tamu, Anda bisa memilih rok atau terusan.

4. Ukuran yang pas
Pilihlah pakaian dengan ukuran yang pas, yakni tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat. Pakaian yang longgar akan membuat Anda sulit bergerak terutama saat berjalan. Selain itu, pakaian longgar yang cenderung menjuntai berisiko terjepit yang bisa merobek atau merusak pakaian. Sedangkan, pakaian yang terlalu ketat, selain tidak sesuai dengan kaidah Islam, juga bisa membuat pemakainya sesak, gerah, dan membatasi gerak.

5. Mencerminkan karakter
Sesuaikan pakaian dengan karakter Anda karena pakaian yang mencerminkan diri Anda akan lebih terasa nyaman saat dipakai. Salah satu caranya adalah dengan memilih pakaian yang Anda sukai. Anda yang selalu ceria dan ingin tampil fresh, bisa memilih pakaian berwarna cerah, seperti pink, biru muda, atau pastel. Sedangkan, untuk Anda yang lebih nyaman tampil elegan, warna-warna netral, seperti hitam, cokelat, atau kuning emas, merupakan pilihan tepat.

Bila Anda merasa memiliki kekurangan di tubuh Anda, pilihlah pakaian yang mampu menyamarkan kekurangan tersebut. Untuk Anda yang berbadan cenderung lurus, pakailah pakaian dengan model terkesan bertumpuk sehingga membuat tubuh Anda terlihat lebih berisi. Sedangkan, bagi Anda yang berbadan gemuk, pilihlah bahan yang ringan dan berwarna gelap.

6. Sesuai acara
Perayaan Lebaran bisa dilaksanakan secara berbeda oleh banyak orang. Bila Lebaran diisi dengan kumpul-kumpul keluarga, Anda bisa mengenakan pakaian yang simple. Berbeda bila Anda harus menghadiri acara silaturahmi dengan rekan kerja atau rekan kerja suami. Tidak ada salahnya bila Anda memilih model baju yang lebih “wah” , seperti pakaian yang dihiasi payet dan mote atau yang terbuat dari bahan yang mewah, seperti sutra. Penyesuaian ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda di hadapan tamu lain dan membuat Anda nyaman selama menghadiri acara tersebut.

7. Pelengkap pakaian yang match
Bukan hanya pakaian, pelengkap pakaian pun harus diperhatikan untuk membuat tampilan terlihat apik sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda saat mengenakannya. Sepatu, aksesori pakaian, tas, serta jilbab, selain harus disesuaikan warnanya juga disesuaikan dengan aktivitas serta acaranya.

Warna pakaian dengan pelengkap tidak selalu harus senada. Warna-warna kontras, seperti hitam dengan merah, hijau dengan kuning, atau merah dengan hijau pun bisa Anda gunakan saat berlebaran.

Bila Anda akan melakukan banyak kunjungan, sepatu datar atau flat shoes merupakan pilihan tepat agar Anda tidak mudah capek dan pegal akibat banyak berjalan. Untuk Anda yang tidak suka dengan sepatu datar, pakailah wedges.

Untuk pilihan kerudung, kenakan kerudung satu warna atau polos bila Anda mengenakan busana bergaris atau bercorak. Pilihlah kerudung atau jilbab yang berbahan tipis dan jatuh. Model kerudung yang sudah kian beragam, seperti model “kepang”, model “lilit”, serta model “tumpuk”, sangat memudahkan kaum wanita dalam menata kerudungnya. Anda tinggal memilih yang paling sesuai dengan baju, acara, dan aktivitas yang akan Anda lakukan selama Lebaran. [Dini]