Jenis Harta yang Bisa Diwakafkan

tanah wakaf (1)

Wakaf hukumnya sunnah, berdasarkan hadits Rasulullah SAW “Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga macam; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shalih yang mendo’akannya”. (HR.Muslim)

Beberapa jenis harta yang bisa diwakafkan berdasarkan keterangan dari hadits nabi di antaranya,

iklan donasi pustaka2

Pertama; Tanah. Sebagaimana Bani Najjar mewakafkan tanah mereka untuk membangun masjid Nabi di kota Madinah. Selain untuk masjid bisa juga untuk sekolah, rumah sakit, dan yang bermanfaat bagi umat Islam.

Kedua; Peralatan. Sebagaimana Khalid mewakafkan baju perangnya untuk berperang fi sabilillah. (HR.al-Bukhari, No.1375)

Ketiga; Alat Transportasi. Amr bin al-Harits berkata, “Pada saat Rasulullah SAW wafat, beliau tidak meninggalkan dirham, tidak pula dinar, tidak pula budak pria dan wanita, dan sedikit pun beliau tidak meninggalkan harta selain keledai putihnya, senjata, dan tanah, Beliau mewakafkan semua miliknya itu. (HR.al-Bukhari No.2661).

Keempat; Sumber Mata Air. Seperti sumur atau yang lainnya. Utsman Bin Affan berkata, “Rasulullah datang ke kota Madinah. Beliau tidak menjumpai air tawar, melainkan sebuah sumur namanya “rumah”, lalu Beliau berkata, “Barang siapa yang mau membeli sumur ini dengan uangnya sendiri, sehingga timba yang diletakkan di dalamnya sebagai timbanya kaum muslimin, maka dia mendapat imbalan yang lebih baik di sorga”. (HR. Ahmad No.524, Tirmizi No. 3636, Nasa`i No.3551)

Kelima; Kebun berikut hasilnya. Sa’ad Bin Ubadah berkata, “Wahai Rasulullah, ibuku telah meninggal dunia, ketika itu saya tidak berada di sisinya, apakah bermanfaat kepadanya bila saya bersedekah atas namanya?” Jawab beliau, “Ya tentu (bermanfaat) . Sa’ad berkata, “Sesungguhnya aku menjadikan engkau sebagai saksi, bahwa pekarangan yang banyak buahnya ini aku sedekahkan atas nama ibuku”. (HR. al-Bukhari No.2551).

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 44 times, 4 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment