Berdoalah pada 12 Waktu Terbaik Ini

0
30
tafakur

Doa merupakan salah satu senjatanya kaum muslim,tidak ada yang meragukan hal itu. Allah Swt telah memerintahkan dan Rasulullah Saw telah memberikan contohnya. Doa yang dipanjatkan dengan tulus ikhlas dan penuh keyakinan serta sesuai tuntunan bisa diibarat seperti tetesan air yang terus menerus mengenai batu yang keras hingga membuat batu itu berlubang.

Namun acap kali orang keburu merasa kecewa karena doanya seperti tidak terkabul. Pastinya kita tidak boleh kecewa atau berputus asa.  Belum terkabul saat ini boleh jadi lusa atau beberapa masa lagi atau belum terkabul di dunia bisa jadi Allah kabul di akherat. Ada banyak faktor belum terijabahnya doa, namun demikian kiranya kita juga perlu tahu waktu-waktu yang mustajab agar doa-doa kita lekas terkabul. Kapankah saja itu? Berikut uraiannya.

1.Saat adzan berkumandang

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud dan Ibnu Hajar Al Asqalani)

2.Saat di antara adzan dan iqamah

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi)

3.Saat sedang sujud dalam salat

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim)

4.Saat sebelum salam pada salat wajib

“Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Di akhir malam dan di akhir shalat wajib” (HR. Tirmidzi)

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma’ad menjelaskan bahwa yang dimaksud ‘akhir shalat wajib’ adalah sebelum salam.

5.Saat berbuka puasa

“Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak” (HR. Muslim)

Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini