Bolehkah Berumrah Setelah Haji Dua Kali?

0
141

Ustadz, bagaimana kalau tahun ini saya berumrah, padahal sudah dua kali melaksanakan haji.  Sedangkan kakak belum pergi haji karena kurang mampu, dan saya sudah ikut membantunya dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.  Apakah saya bersalah?

 

iklan

Pada prinsipnya, kalau harta kita berlebih dan sudah dibersihkan dengan zakat, infaq, shadaqah, bahkan waqaf, dibolehkan berumrah beberapa kali dengan orientasi ingin memperbaharui iman dan takwa. Rasulullah Saw. bersabda, “Antara satu umrah ke umrah berikutnya merupakan penghapus dosa.” Keterangan ini menunjukkan bahwa kalau kita punya bekal, diperboleh kan untuk berangkat umrah walau sudah melakukan haji dua kali.

Sesungguhnya, tidak ada kewajiban untuk menghajikan keluarga yang kurang mampu, karena haji hanya diwajibkan kepada individu yang sudah mampu, tidak ada kewajiban untuk pergi haji bagi orang yang belum mampu.

Allah Swt. berfirman, “…Di antara kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu melaksanakan ibadah haji ke Baitullah bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Bagi siapa pun yang mengingkari kewajiban haji, ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, tidak memerlukan sesuatu dari seluruh alam.” ( Q.S. Āli ‘Imrān [3]: 97)

Kesimpulannya, kita diperbolehkan melaksana kan umrah lagi walau sudah melakukan haji beberapa kali.