Ajarkan Adab Berpakaian pada Anak

Di antara masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan jasmani pada anak adalah pendidikan tentang adab-adab berpakaian yang sesuai dengan syari’at islam. Pakaian-pakaian yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan, dan juga yang berkenaan dengan menutup aurat dan kepentingan lainnya termasuk tugas orang tua untuk memperkenalkannya kepada anak.

Pakaian diperuntukkan untuk manusia sebagai alat penutup dan juga perhiasan yang akan menjaga diri tubuh manusia. Banyaknya jenis pakaian yang sesuai fungsinya itu merupakan sebuah nikmat yang Allah berikanuntuk anak cucu adam seperti dalam surat al-A’raaf ayat 26 berbunyi;

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupauratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik…”.

Tidak ada pantangan untuk memakai warna-warna pakaian saat digunakan. Namun, Rasulullah saw menyukai warna putih dan menganjurkan memakainya. Beliau bersabda “Pakailah oleh kalian pakaian putih, karena itu lebih bersih dan lebih baik”(HR at-Tirmidzi). Dan dibolehkannya menggunakan warna-warna lain selain putih seperti, merah, hijau, dan warna-warna cerah lainnya yang terpenting bukan warna kehitam-hitaman yang tidak dipadukan oleh warna yang lain. Karena, Rasulullah tidak pernah menggunakan pakaian warna merah, hitam atau pakaian yang dicelup. Jika beliau memakain pakaian Yaman berwarna merah, maka beliau akan memadukannya dengan warna lain.

Maskawih Rahimahullah mengatakan bahwa manusia yang patut menggunakan pakaian warna-warni dan dilukis adalah wanita-wanita yang berhias untuk suami-suaminya, kemudian hamba-hamba sahaya dan pelayan sedangkan pakaian yang lebih baik untuk orang-orang mulia lagi terhormat adalah pakaian-pakaian warna putih dan semacamnya.

Selain itu, memakai celana panjang diperbolehkan karena lebih cocok untuk anak-anak yang banyak bergerak, dan lebih kuat. Namun, celana itu tidak diperbolehkan terlalu ketat atau sangat ketat sebab akan menampakkan bentuk tubuh.

Terakhir, ajarilah Anak untuk menghafal doa-doa memakai dan melepaskan pakaian. Seperti hadits Rasulullah “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan aku akaian ini dan memberikan aku rezek pakaian ini, karena tidak ada daya dan kekuatan dariku.” (HR ad-Darimi)

*Sumber Buku Mendidik Anak Laki-laki oleh Adnan Hasan Shalih Baharits

Penulis : Syifa Luthfiati

(Visited 30 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment