Lakukan 4 Hal Ini Agar Bisa Hadapi Ujian dari Allah dengan Ikhlas

sujud

Ustadz, saya selalu merasa hidup saya penuh dengan ujian. Saya sering merasa putus asa dan sering berpikiran kalau Allah tidak sayang kepada saya. Ustadz, adakah tips atau solusi agar saya bisa bersabar saat menghadapi ujian?

 

Setiap orang pasti akan menerima ujian dalam hidupnya. Allah akan memberikan ujian kepada semua hamba-nya, baik itu yang taat maupun yang ingkar. Hanya saja, porsi ujian kepada hamba-Nya yang taat biasanya lebih besar. Jadi, berbahagialah jika Anda selalu menerima ujian karena itu artinya Allah sangat menyayangi Anda.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa seorang sahabat bertanya, “Siapakah paling keras mendapatkan ujian?” Rasulullah Saw. bersabda, “Nabi dan pengikutnya. Seseorang itu akan diuji sesuai dengan kadar agama, jika kadar beragamanya kuat, ujiannya semakin keras. Jika kadar beragamanya lemah, dia diuji sesuai dengan kadar agamanya. Seorang hamba akan sentiasa diuji sampai dia akan dibiarkan berjalan di muka bumi tanpa membawa dosa kesalahan.” (H.R. Tirmidzi)

Lalu, pertanyaannya, bagaimanakah agar kita bisa melalui ujian tersebut dengan ikhlas? Tentu saja, Anda harus menghadapinya dengan tenang dan tetap berpegang teguh kepada kehendak Allah Swt.

Untuk membantu Anda mencapai hal itu, berikut ini akan dipaparkan beberapa trik untuk menghadapi ujian dalam hidup.

promo oktober

1. Jangan putus asa dalam berdoa

Allah berjanji, “Berdoalah kepadaku niscaya akan kukabulkan doamu.” (Q.S. Al-Mu’min [40]: 60)

Harus dicatat, saat memanjatkan doa kepada-Nya kita harus menyertakan juga jiwa optimistis, jangan bersikap pesimis. Belum apa-apa sudah berkesimpulan kalau Allah tidak akan mengabulkan doa yang dipanjatkan.

Rasulullah Saw. bersabda, “Wahai manusia, jika kamu memohon kepada Allah Swt., mohonlah langsung ke hadirat-Nya dengan keyakinan bahwa doamu akan dikabulkan karena Allah tidak akan mengabulkan doa yang keluar dari hati yang pesimis” (H.R. Ahmad)

Berbaiksangkalah, Allah pasti akan mengabulkan doa kita.

2. Jangan putus asa dalam rahmat Allah

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 5,252 times, 3 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment